Minggu, 07 Januari 2018

Kopi Mungkin Memegang Harapan Untuk Pasien Parkinson


Jutaan telah didiagnosis menderita penyakit Parkinson dan masing-masing mencari obat atau beberapa jenis pengobatan yang dapat membantu meringankan gejala penyakit. Telah ada penelitian yang sedang berlangsung dalam upaya untuk menemukan solusi untuk penyakit Parkinson, dan sebuah studi baru mungkin membuat pasien bahkan sedikit lebih dekat.



Seperti dilansir FoxNews, sebuah penelitian di Kanada menemukan orang-orang dengan penyakit Parkinson yang mengkonsumsi pil kafein melihat adanya peningkatan pada masalah pergerakan yang terkait dengan penyakit ini. Studi baru ini kecil dibandingkan dengan studi penyakit Parkinson lainnya dengan 61 pasien Parkinson yang berpartisipasi. Mereka yang belajar di usia pertengahan 60an dan mengikuti selama enam minggu.

Untuk tiga minggu pertama, peserta diberi minum 100mg pil kafein atau pil plasebo bebas obat serupa di pagi hari dan setelah makan siang. Selama tiga minggu terakhir, para periset meningkatkan pil kafein dan pil plasebo hingga 200mg. Setelah studi tersebut, peserta melihat adanya peningkatan dalam masalah pergerakan. Baca Juga : Obat Asma

Namun, tidak ada peningkatan kantuk yang jelas. Peneliti utama Dr. Ronald Postima, dari McGill University di Montreal, mengomentari temuan tersebut, dengan mengatakan, "Masih terlalu dini untuk mengatakan, 'Semua orang harus minum kopi.'" Masih ada pertanyaan yang belum terjawab terkait dengan apakah pasien dapat mengembangkannya. toleransi terhadap kafein.

Temuan ini mungkin bukan terobosan dalam pengobatan, namun Dr. Postima mengatakan, "Ini bukan perbedaan besar," namun temuannya "dapat memberi efek nyata pada kehidupan manusia." Dr. Postima selanjutnya mengatakan bahwa Levodopa (obat utama diresepkan untuk pasien Parkinson) memiliki tiga sampai empat kali lebih besar manfaatnya daripada pil kafein. Michael Schwarzschild, seorang ahli saraf dari Massachusetts General Hospital di Boston, membela Levodopa dan mengatakan bahwa penelitian tersebut patut dipertanyakan, "Ini tidak akan menggantikan Levodopa dengan cara apa pun jika lebih jelas ditunjukkan untuk membantu gejala tersebut, tapi juga tidak sepele."

Orang yang minum kafein sepanjang hidupnya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson, tapi bukan berarti kopi, teh, atau soda memiliki efek langsung terhadap penyakit ini. Secangkir kopi mengandung sekitar 100mg kafein dan sekaleng soda 12 oz mengandung sekitar 30 sampai 50mg kafein. Bergantung pada bagaimana secangkir teh hitam diseduh, bisa mengandung 25 sampai 110 mg kafein.


Apakah kafein memiliki dampak pada penyakit Parkinson? Menurut Dr. Postima, "Untuk saat ini, memang terlihat seperti hal yang berguna untuk penyakit Parkinson. Waktu akan berbicara."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar